Israel Tawarkan Peta Jalan Tiga Tahap untuk Gencatan Senjata di Gaza

Israel Tawarkan Peta Jalan Tiga Tahap untuk Gencatan Senjata di Gaza
SHARE

PRABANGKARANEWS || Pekan lalu, Presiden AS Joe Biden mengungkapkan bahwa Israel telah mengajukan usulan tiga tahap kepada Hamas, yang bertujuan untuk menghentikan kekerasan di Jalur Gaza dan membebaskan para sandera.

Pemerintah Qatar dan Mesir, atas dorongan dari Amerika Serikat, mengancam para pemimpin Hamas dengan kemungkinan penahanan, pembekuan aset, sanksi, dan pengusiran dari Doha jika mereka menolak perjanjian gencatan senjata dengan Israel, dikutip dari Antaranews Senin (10/6/24).

Tahap pertama dari kesepakatan ini meliputi gencatan senjata total, penarikan pasukan Israel dari seluruh pusat populasi Gaza, dan pembebasan beberapa sandera yang ditahan oleh Hamas, termasuk mereka yang terluka, orang lanjut usia, dan wanita, serta pembebasan warga Palestina yang ditahan dari penjara.

Baca Juga  Bupati Joko 'Jekek' Sutopo; Peluang Pengembangan Pantai-pantai Wonogiri Terbuka Lebar

Tahap kedua mencakup penghentian permusuhan tanpa batas waktu dengan imbalan pembebasan sandera yang tersisa. Sedangkan tahap ketiga dari inisiatif ini adalah memulai rekonstruksi Gaza yang telah dilanda perang.