Pesona Gunung Wugong: Petualangan Mendaki di Tengah Keindahan Alam

Pesona Gunung Wugong: Petualangan Mendaki di Tengah Keindahan Alam
SHARE

PRABANGKARANEWS || Gunung Wugong, salah satu dari tiga gunung terkenal di China Selatan bersama Gunung Lu dan Gunung Heng, terletak di Kota Pingxiang, Provinsi Jiangxi. Sekelompok pemuda mendaki ribuan anak tangga menuju Puncak Bangau Putih di ketinggian 1.918,3 meter DPL. Mereka menggunakan tongkat bambu untuk membantu perjalanan mereka melalui padang rumput hijau, menghadapi angin kencang, dan kabut tebal.

Gunung Wugong, yang memiliki luas 120 kilometer persegi, termasuk dalam Taman Hutan Nasional. Pendakian di sini menawarkan pemandangan menakjubkan seperti aroma rumput segar, jembatan gantung, air terjun, dan batuan granit runcing. Gunung ini terkenal sebagai tempat para filsuf Taoisme mencari kedamaian dan harmoni dengan alam.

Baca Juga  Kodam I/BB Kirim PRCPB Bantu Penanganan Dampak Gempa 6 SR di Tapanuli Utara

Hutan Gunung Wugong mencakup 88,1% dari total luasnya, rumah bagi 2.500 spesies tanaman, termasuk 40 spesies tumbuhan purba dan lebih dari 150 spesies pohon langka yang dilindungi. Fauna langka seperti salamander dan monyet ekor pendek juga dapat ditemukan di sini, dilansir dari Antaranews Jum’at (7/6/24).

Gunung Wugong terbagi menjadi empat zona, mulai dari padang rumput di ketinggian 1.600 – 1.900 meter, tebing curam, air terjun dengan kemiringan tajam, hingga sumber air panas di bawah 500 meter. Batuan granit di puncak membentuk pilar-pilar runcing, dengan beberapa mencapai lebih dari 250 meter tinggi.

Tiga lokasi favorit di Gunung Wugong adalah Puncak Bangau Putih, padang rumput Alpen, dan berbagai air terjun. Puncak Bangau Putih mendapat namanya dari pemandangan awan putih yang menyerupai ribuan burung bangau. Padang rumput Alpen berubah warna setiap musim, dari bunga-bunga berwarna-warni di musim semi hingga salju putih di musim dingin. Air terjun seperti Jinhusajiu, Fuqi, dan Sandie menambah keindahan alam di gunung ini.

Baca Juga  Fajar/ Rian Berhasil Revans, Masuk Babak Final Swiss Terbuka 2022

Pengunjung memiliki tiga pilihan rute pendakian, mulai dari perjalanan satu hari dengan kereta gantung hingga pendakian dua hari dengan berkemah di dekat puncak. Salah satu jalur pendakian terkenal adalah Hanging Hills, yang memiliki kemiringan 45-50 derajat, dikenal juga sebagai “Lereng Pahlawan”.

Musim semi antara Maret dan Mei adalah waktu terbaik untuk mendaki Gunung Wugong, dengan suhu nyaman antara 10-20 derajat Celsius dan pemandangan bunga sakura yang indah. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan langit berbintang selama musim panas.

Untuk mencapai Gunung Wugong, pengunjung dapat terbang ke kota-kota terdekat seperti Shanghai, Changsha, Guangzhou, atau Nanchang, kemudian melanjutkan perjalanan dengan kereta ke Kota Pingxiang dan menggunakan taksi atau bus ke gunung.

Baca Juga  Penurunan Pengunjung di Waduk Gajah Mungkur Tahun Baru 2024: Sebab dan Harapan Pasca-Revitalisasi

Setiap jalur pendakian di Gunung Wugong menawarkan panorama alam yang memukau, membuat setiap langkah dalam perjalanan terasa berharga.