KIP Kuliah: Mewujudkan Mimpi Pendidikan Bagi Generasi Muda Tidak Mampu

KIP Kuliah: Mewujudkan Mimpi Pendidikan Bagi Generasi Muda Tidak Mampu
SHARE

PRABANGKARANEWS.COM || Program “Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah” atau yang dikenal juga sebagai beasiswa Bidikmisi telah memberikan harapan baru bagi Nur Imaniah, seorang siswa SMA dari keluarga petani kecil dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan. Awalnya, Nur Imaniah ragu tentang kesempatan kuliah gratis dan mendapatkan uang saku setiap bulan yang ia dengar pada tahun 2022. Namun, dengan dukungan dari saudara sepupunya, Iim, Nur Imaniah mulai percaya dan mendaftar untuk beasiswa KIP secara daring. Sekarang, sebagai mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia di STKIP PGRI Ponorogo, Nur Imaniah merasa bersemangat dan tidak lagi membebani orang tuanya untuk biaya kuliah.

Novil Fatah, seorang mahasiswa Manajemen Agribisnis di Politeknik Negeri Jember, juga merasakan berkah dari beasiswa KIP Kuliah. Sebagai anak petani miskin, Novil awalnya tidak pernah berharap untuk melanjutkan kuliah. Namun, di SMK Negeri 1 Sumberwringin, banyak guru yang memotivasi dan mengingatkan Novil tentang peluang beasiswa tersebut. Setelah merasakan manfaat pendidikan tinggi dengan fasilitas yang disediakan pemerintah, Novil berubah menjadi mahasiswa yang bersemangat dan berusaha keras belajar.

Baca Juga  KPK Lakukan Penegakan Hukum Tipikor, Guna Pulihkan Kerugian Keuangan Negara

Vivah, seorang alumni SMK Negeri 1 Sumberwringin, juga berusaha untuk mendapatkan beasiswa KIP Kuliah. Dengan prestasi akademik dan non-akademik yang menonjol serta kondisi ekonomi yang sulit, Vivah berharap dapat melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri Jember. Artikel ini dikutip dari Jatim.Antaranews.com Rabu (24/5/2023), Vivah sangat menghargai kesempatan untuk menimba ilmu di perguruan tinggi, karena ia yakin hal itu akan membantu meningkatkan akses ekonomi dan membantu orang tuanya di masa tua.

Guru SMK Negeri 1 Sumberwringin, Evy Yulis, menyaksikan sendiri manfaat yang dirasakan oleh para siswa dari keluarga tidak mampu yang mendapatkan beasiswa KIP Kuliah. Program ini memberikan dorongan bagi siswa-siswa berpotensi namun terkendala oleh keadaan ekonomi keluarga. Evy merasa terbantu dan berterima kasih kepada pemerintah karena banyak siswa yang sekarang memiliki kesempatan untuk kuliah.

Baca Juga  Korem 071/Wijayakusuma Terima Tim Wasrik Post Audit Itdam IV/Diponegoro

KIP Kuliah adalah program yang memberikan kesempatan pendidikan kepada generasi muda yang tidak mampu secara ekonomi. Program ini tidak hanya memberikan manfaat finansial, tetapi juga mendorong siswa-siswa untuk belajar dengan semangat dan bertanggung jawab atas beasiswa yang mereka terima. Dengan adanya beasiswa ini, diharapkan Indonesia dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang menjadi modal untuk kemajuan negara. (*)