[VIDEO] MANGROVE-Akarmu Selamatkan Lautku

[VIDEO] MANGROVE-Akarmu Selamatkan Lautku
SHARE

Oleh:Dewinta Pandini, Selvita, dan Puspita Ayuning (*)

PRABANGKARANEWS.COM – Mangrove adalah tanaman yang tumbuh di wilayah pesisir dengan kemampuan unik untuk bertahan dalam kondisi lingkungan yang keras, seperti terkena air laut yang asin, pasang surut, dan gelombang. Ekosistem mangrove memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekologi di wilayah pesisir.

Deskripsi gerakan “Mangrove Akarmu Selamatkan Lautku” mencerminkan upaya kolaboratif antara masyarakat, pemerintah, dan organisasi non-pemerintah dalam melindungi dan melestarikan hutan mangrove. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mangrove dalam menjaga kualitas air, menahan abrasi, menyediakan habitat bagi berbagai spesies, dan sebagai daerah pemijahan ikan.

Melalui kampanye ini, dilakukan berbagai kegiatan edukasi seperti penyuluhan tentang pentingnya mangrove, penanaman mangrove massal, pembersihan wilayah mangrove dari sampah, dan penggalangan dana untuk mendukung pelestarian ekosistem mangrove.

Baca Juga  Resmi ! Biaya Haji Ditetapkan Rp 49,8 Juta, Jemaah Dibebankan Pelunasan Rp 23,5 Juta

Gerakan Mangrove Akarmu Selamatkan Lautku juga dapat melibatkan komunitas lokal, nelayan, pelajar, dan pihak terkait lainnya untuk bersama-sama menjaga dan mengembangkan hutan mangrove. Dengan upaya kolektif, diharapkan masyarakat semakin menyadari pentingnya mangrove dalam menjaga keberlanjutan lingkungan pesisir dan kelautan.

Melalui gerakan ini, diharapkan masyarakat dapat menjadikan pelestarian mangrove sebagai bagian dari gaya hidup dan ikut berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan laut untuk generasi masa depan.

(*) Mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan